Selasa, 21 Juli 2009

DUNIA PENDIDIKAN

Dunia pendidikan memang selalu menarik untuk diperbincangkan. beribu komentar selalu dihadirkan dalam berbagai sudut pandang. Mulai dari kebijakan Pemerintah yang "katanya" tidak berpihak, dengan budget yang kecil dari kelayakan. Harga yang melambung ... di setiap tahunnya. Hingga dunia pendidikan dinilai menjadi dalang maju mundurnya suatu bangsa. ... menjadikan dunia pendidikan tak pernah habis dalam pembahasan elite-elite politik kita sampai kelompok proletar bangsa.

Bersamaan waktu yang terus berjalan, ketatnya upaya upaya untuk menurunkan angka kelahiranpun menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan dalam mencoba untuk terus berkembang dan maju melangkah. Belum lagi gencarnya lembaga pendidikan ternama di negeri ini dalam merekrut mahasiswa ... lihat bagaimana UI, ITB, UGM, dsb. melakukan berkali-kali melakukan penerimaan mahasiswa baru ... sehingga dapat dipastikan ... anak-anak pintar di negeri ini telah tersaring semua ...

Sebagaimana kita ketahui kualitas INPUT murid, juga sangat menentukan OUPUT kualitas pendidikan, agar lembaga pendidikannya ber NILAI di mata masysrakat. Lembaga pendidikan lainnya ... menghadapi tantangan yang besar karena HANYA memperoleh siswa "sisanya".

Menurunkan harga ... seringkali dijadikan alternatif untuk dilirik siswa, namun sejarah pendidikan telah membuktikan bahwa tidak sedikit lembaga pendidikan yang murah tetap tidak ada peminatnya, namun lembaga pendidikan yang telah menuntut biaya "sangat mahal" pun tetap diminati dan masyarakat berlomba-lomba untuk bisa masuk didalamnya. Sementara seringkali dengan fasilitas dan kapasitas yang "sama".

Disisi lain belum semua guru yang melihat bahwa sangat banyak hal perlu dipersiapkan untuk dapat menjadikan lembaga pendidikan yang diasuhnya menjadi sesuatu yang menarik untuk diikuti. Kesan pahlawan tanpa tanda jasa ... seringkali lebih diidentikkan dengan kesan pasrah, ikhlas dan lurus, tidak peduli dengan trik-trik yang harus dilakukan untuk mempertahankan berlangsungnya suatu lembaga.

Sudah saatnya Guru -Guru mulai tersentuh dengan strategi marketing, kemampuan menjual, menjual dirinya agar menjadi guru yang diminati, karena Guru merupakan SOSOK, point satu-satunya yang berperan, yang dimiliki oleh lembaga pendidikan untuk mampu dijual, sehingga lembaga pendidikan tersebut memiliki NILAI JUAL.

Guru yang hebat, memiliki strategi pembelajaran yang hebat ... akan menjadikan suatu lembaga pendidikan hebat. Sehingga mampu menarik masyarakat bergabung dan berlomba-lomba masuk didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar